Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah serta kesehatan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan karya
tulis ini sesuai dengan yang kami harapkan.
Makalah
ini akan membahas mengenai keunikan gagasan teknik dan bahan dari
London tower bridge, yaitu jembatan yang
membentang di atas Sungai
Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini memiliki dua menara
yang terhubung dengan koridor untuk pejalan kaki . Jembatan yang
di buka pada tanggal 30 juni 1984 ini, mempunyai keunikan dengan penggunaan bascule (jembatan
jungkit) berbeban penyimbang yang
kedua bilahnya dapat terangkat sehingga memungkinkan kapal besar untuk lewat
.karena keunikan itulah, kami memilih untuk membahas mengenai London tower
bridge.
Kami
menyadari bahwa penulisan ataupun pembahasan makalah ini masih jauh dari kata
sempurna, sehingga akan menjadi suatu kehormatan besar bagi kami apabila
mendapatkan kritikan dan saran yang membangun sehingga selanjutnya akan lebih
baik dan sempurna.
Pasangkayu,3 september,2016
Penyusun
Daftar isi
Kata pengantar………………………………………………………………………..
1
Daftar isi………………………………………………………………………………
2
Bab I (
Pendahuluan )
A.
Latar belakang ………………………………………………………………..
3
B.
Rumusan masalah……………………………………………………………..
3
Bab II ( Pembahasan )
1.
Keunikan gagasan…………………………………………………………....
4
2.
Keunikan teknik……………………………………………………………...
5
3.
Keunikan bahan……………………………………………………………....
7
4.
Pertanyaan/masukan………………………………………………………….
7
Bab III ( Penutup )
Kesimpulan…………………………………………………………………... 9
Saran ………………………………………………………………………… 9
Daftar
pustaka………………………………………………………………..……... 10
BAB
I
(
Pendahuluan )
A.
Latar belakang
Di
dunia ini terdapat banyak jenis jembatan yang mempunyai keunikan tersendiri, salah
satunya adalah London tower bridge . London Tower Bridge terdiri dari jembatan
sepanjang 244 m dan dua buah menara setinggi 65 m. Kedua menara jembatan
disatukan di bagian atasnya oleh dua tempat berjalan (walkway) yang
berdampingan, setinggi 44 m di atas permukaan air saat sungai sedang pasang.
London tower bridge memiliki gagasan teknik dan bahan yang menarik untuk di
bahas.
B.
Rumusan masalah
Dari latar belakang di atas dapat
ditarik rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Apa
keunikan gagasan London tower bridge?
2.
Apa
keunikan teknik London tower bridge?
3.
Apa
saja bahan yang digunakan dalam pembuatan London tower bridge?
BAB II
( Pembahasan )
1. Keunikan gagasan
Tower
Bridge adalah jembatan bascule, yaitu jembatan yang bisa dinaikkan, yang
melintas di atas Sungai Thames, kota London. Tower Bridge terletak di dekat
Tower of London. Tower Bridge dibangun sebagai jembatan yang menjadi
perlintasan terakhir di atas sungai Thames, sebelum laut lepas.Ide pembutan
London
Oleh
karena itu, pada tahun 1872, Parlemen Inggris membahas rancangan undang-undang
tentang pembangunan sebuah jembatan di atas Sungai Thames. Meskipun gubernur
Tower keberatan, Parlemen memutuskan untuk tetap melaksanakan gagasan ini.
Akhirnya pada tahun 1876 Kota
London Corporation memutuskan masalah itu harus ditangani dan membuat keputusan
untuk membangun jembatan baru di sebelah timur London Bridge
Yang Dirancang Tower Bridge?
Sebuah tantangan besar yang dihadapi Kota London
Korporasi - bagaimana membangun sebuah jembatan hilir dari London Bridge tanpa
mengganggu aktivitas lalu lintas sungai. Sebuah komite khusus yang dibentuk
pada tahun 1876 membuka desain untuk penyeberangan baru untuk kompetisi publik.
Lebih dari 50 desain yang diajukan untuk dipertimbangkan,
beberapa di antaranya dipajang di Bridge Exhibition Tower. Tidak sampai Oktober
1884 bagaimanapun, bahwa Horace Jones, Arsitek City, menawarkan desain yang
dipilih untuk Tower Bridge sebagai solusi. Atas
permintaan Corporation of London, (Desain tower bridge oleh Horace
jones)
Horace
Jones mengusulkan pembangunan sebuah jembatan angkat bergaya Gotik ke arah
hilir Jembatan London. Dengan demikian, kapal-kapal yang berlayar ke arah hulu
Sungai Thames dapat lewat dengan leluasa menuju dermaga.
Dengan pembangunan sampai delapan tahun
dan melibatkan 432 pekerja konstruksi, dua menara berdiri dengan 70 ton beton
didalamnya menjulang tinggi di tengah Sungai Thames dan jembatan itu akhirnya
dibuka pada tanggal 30 Juni 1894.
2. Keunikan teknik
Jones
telah melanglang buana, dan jembatan angkat kecil di atas kanal-kanal di Negeri
Belanda mengilhaminya untuk membuat sebuah jembatan jungkit (bascule)
berbeban penyeimbang. Tower Bridge didesain dengan metode konstruksi yang saat
itu sedang populer, menggunakan rangka baja berlapis batu. ( jembatan jungkit/bascule )
Pembangunan Tower
Bridge dimulai tahun 1886 dengan lima kontraktor besar seperti Sir John
Jackson, Baron Armstrong, William Webster, Sir H.H. Bartlett, dan Sir William
Arrol Co. Dengan pembangunan sampai delapan tahun dan melibatkan 432 pekerja
konstruksi, dua menara berdiri dengan 70 ton beton didalamnya menjulang tinggi
di tengah Sungai Thames dan jembatan itu akhirnya dibuka pada tanggal 30 Juni
1894
Bascule membuat kapal-kapal bertiang
tinggi bisa tetap lewat. Ketika Bascule dinaikkan, pejalan kaki tetap dapat
melintsai Sunga Thames. Tower Bridge mempunyai dua menara utama dengan dua
jembatan penghubung untuk pejalan kaki,. Tower Bridge mempunyai dua bilah, atau
daun, yang bertemu di tengah dan dapat terangkat. Setiap bilah raksasa ini
beratnya kira-kira 1.200 ton dan akan terbuka serta terangkat ke atas
membentuk sudut 86 derajat. Kapal-kapal yang berbobot maksimum 10.000 ton dapat
lewat di bawahnya dengan aman. (Bascule terbuka)
Pengunjung
bisa menggunakan jembatan khusus pejalan kaki (walkway) setinggi 43 meter.
Untuk naik ke tempat berjalan digunakan 2 tangga dengan 206 anak tangga di masing-masing
menara. Selain itu juga terdapat lift-hidrolik yang sanggup mengangkat 625
orang perjam.dahulu tempat ini sering dijadikan (walkway) tempat
peristirahatan pedagang yang berlabu
Saat Tower Bridge masih dalam tahap
pembangunan, Horace Jones sang arsitek meninggal dunia. John Wolfe Barry
kemudian meneruskan dan mengambil alih tanggung jawab Horace Jones. Dalam
desain Horace Jones, ada lengkungan di atas jembatan. Lengkungan itu membuat
bascule tidak dapat dibuka habis dan membuat ruang tempat kapal lewat menjadi
sempit. John Wolfe Barry kemudian memperbaiki rancangan tersebut sehingga
bascule bisa dibuka habis seperti sekarang.
Tenaga
Penggerak Jembatan
Tenaga
hidraulis digunakan untuk mengangkat kedua bilah jembatan, menjalankan lift
pejalan kaki menuju kedua jembatan penghubung, dan bahkan mengoperasikan sistem
sinyal. jembatan itu digerakkan oleh tenaga air! Dan, daya yang tersedia
berlimpah—dua kali lipat kebutuhannya.
Di
bawah ujung selatan jembatan ada empat buah ketel uap berbahan bakar batu bara
yang menghasilkan uap bertekanan antara 5 sampai 6 kilogram per sentimeter
persegi. Tenaga uap itu menggerakkan dua pompa besar yang menyemburkan air
dengan tekanan 60 kilogram per sentimeter persegi. Air bertekanan itu, yang
disimpan dalam enam buah akumulator besar, menghasilkan energi untuk menggerakkan delapan
mesin yang menaikturunkan kedua bilah jembatan. Setelah daya dihidupkan,
bilah-bilah yang berbeban penyeimbang itu akan terbuka ke atas pada porosnya
yang berdiameter 50 sentimeter (ketel uap)
Sekarang,
tenaga uap sudah digantikan oleh listrik. Tetapi, seperti pada masa lampau,
apabila Tower Bridge membuka, lalu lintas berhenti total. Sewaktu sinyal
berbunyi, palang-palang diturunkan, dan para pengawas jembatan memberi tanda
bahwa jembatan sudah kosong. Kemudian, keempat gerendel penyambung bilah
terbuka dan kedua bilah jembatan terangkat ke atas.dan kapal pun dapat
menyebrang. Beberapa menit kemudian, sinyal berbunyi lagi. Bilah-bilah jembatan
turun, dan palang-palang jalan naik
3. Keunikan bahan
Jembatan
bergaya arsitektur abad pertengahan ini memakai kerangka baja yang kuat dan
dilapisi beton dengan pernak-pernik dekorasi yang indah.Dalam pembuatannya
dibutuhkan sekitar 70000 ton beton, dan 11000 ton baja. Menara Megah
Menaranya
terbuat dari kerangka baja anti karat yang dilapisi granit abu-abu dan batu
Portland (semacam batu kapur) yang diperkuat batu bata.sedngkan atap menara,
meski tampak megah, atap jembatan khusus pejalan kaki hanya terbuat dari kayu
yang dilapisi seng.
4. Pertanyaan
Sesi pertama
1) Apa
yang di maksud dengan seni gotik!
Ø Seni
gotik adalah penyederhanaan seni bangunan lama yang umumnya memakai struktur
yang tebal yang kemudian disederhanakan menjadi bentuk yang lebih ramping.
Namun, memiliki struktur yang kuat. Pemasangan jendela besi ataupun rangka besi
membuat seni gotik cenderung mengarah penggunaan warna hitam gelap yang
menonjol
2) Bagaiman
mekanisme pengangkatan jembatan?
3)
Jelaskan Asal usul penamaan London tower
bridge!
Ø Penamaan
London tower bridge berasal dari nama menara yang berada di dekatnya yaitu
London tower. Tetapi , ada yang mengatakan bahwa penamaan London tower bridge
berasal dari nama daerah dibangunnya jembatan tersebut yaitu kota London dan
daerah tower.
Sesi
kedua
1)
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk
perancangan dan pembuatan London tower bridge?
Ø
Waku yang diperlukan untuk merancang
London tower bridge adalah 6 tahun dan pembuatannya memakan waktu 8 tahun jadi
waktu keseluruhan nya adalah14 tahun.
2)
Apa yang terjadi pada penaikan bascule
jika listik mati?
Ø
Sistem pengangkatan bascule menggunakan
tenaga air yang berasal dari sungai thames yang kemudian di ubah menjadi
listrik . jadi, listrik untuk penaikan bascule tidak akan mati. Jikapun ada
kerusakan mesin, kapal yang hendak melintas dapat menunggu hingga listrik
menyala kembali.
3)
Mengapa jembatan ini masih bisa bertahan
hingga sekarang?
Ø London
tower bridge dibuat dengan struktur desain yang kuat disertai dengan bahan yang
berkualitas. Selain itu, pengelolah London tower bridge memberlakukan batas
maksimum kecepatan 32km/jam dan beban 18 ton bagi kendaraan yang hendak
melintasi London tower bridge.
BAB
III
(Penutup)
Kesimpulan
London tower bridge) adalah jembatan yang membentang di
atas Sungai thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini mengabungkan dua
desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Letaknya yang berdekatan dengan
London tower membuat jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Dengan adanya
bascule, jembatan ini memungkinkan kapal besar lewat melintasinya. Untuk
membuat jembatan bergaya gotik ini diperlukan waktu 8 tahun dan waktu
perancangan selam 6 tahun oleh Horace jones. Jembatan ini tetap kokoh Karena
struktur jembatan dan perawatan yang dilakukan oleh pengelolah jembatan yang
baik.
Saran
Dalam memilih bangunan yang hendak di
presentasikan. Haruslah lebih memerhatikan keunikan dari bangunan. Dan materi
presentasi harus dikuasai dengan baik sebelum menpresentasikannya di hadapan
banyak orang, untuk itu dibutuhkan kerja sama kelompok agar presentasi dapat
bejalan dengan lancar.
Daftar
pustaka
How to make money on sports betting - The Work
BalasHapusThis guide will teach you how to make money on sports 카지노 betting. How to make money 바카라사이트 using our งานออนไลน์ free money guide. All you need to know about