MAKALAH KEUNIKAN GAGASAN BAHAN DAN TEKNIK DARI LONDON TOWER BRIDGE SENI BUDAYA







Kata pengantar


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah serta kesehatan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini sesuai dengan yang kami harapkan.
Makalah ini akan membahas mengenai keunikan gagasan teknik dan bahan dari London tower bridge, yaitu jembatan yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini memiliki dua menara yang terhubung dengan koridor untuk pejalan kaki . Jembatan yang di buka pada tanggal 30 juni 1984 ini, mempunyai keunikan dengan penggunaan bascule (jembatan jungkit) berbeban penyimbang yang kedua bilahnya dapat terangkat sehingga memungkinkan kapal besar untuk lewat .karena keunikan itulah, kami memilih untuk membahas mengenai London tower bridge.
Kami menyadari bahwa penulisan ataupun pembahasan makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga akan menjadi suatu kehormatan besar bagi kami apabila mendapatkan kritikan dan saran yang membangun sehingga selanjutnya akan lebih baik dan sempurna.





Pasangkayu,3 september,2016



                                                                                          Penyusun



Daftar isi

Kata pengantar……………………………………………………………………….. 1
Daftar isi……………………………………………………………………………… 2
Bab I ( Pendahuluan  )
A.    Latar belakang ……………………………………………………………….. 3
B.     Rumusan masalah…………………………………………………………….. 3
Bab II ( Pembahasan )
1.      Keunikan gagasan………………………………………………………….... 4
2.      Keunikan teknik……………………………………………………………... 5
3.      Keunikan bahan…………………………………………………………….... 7
4.      Pertanyaan/masukan…………………………………………………………. 7
Bab III ( Penutup )
            Kesimpulan…………………………………………………………………... 9
            Saran ………………………………………………………………………… 9
Daftar pustaka………………………………………………………………..……... 10












BAB I
( Pendahuluan )
A.    Latar belakang
Di dunia ini terdapat banyak jenis jembatan yang mempunyai keunikan tersendiri, salah satunya adalah London tower bridge . London Tower Bridge terdiri dari jembatan sepanjang 244 m dan dua buah menara setinggi 65 m. Kedua menara jembatan disatukan di bagian atasnya oleh dua tempat berjalan (walkway) yang berdampingan, setinggi 44 m di atas permukaan air saat sungai sedang pasang. London tower bridge memiliki gagasan teknik dan bahan yang menarik untuk di bahas.


B.     Rumusan masalah
Dari latar belakang di atas dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut :
1.            Apa keunikan gagasan London tower bridge?
2.            Apa keunikan teknik London tower bridge?
3.           Apa saja bahan yang digunakan dalam pembuatan London tower bridge?












BAB II
( Pembahasan )
1.      Keunikan gagasan
Tower Bridge adalah jembatan bascule, yaitu jembatan yang bisa dinaikkan, yang melintas di atas Sungai Thames, kota London. Tower Bridge terletak di dekat Tower of London. Tower Bridge dibangun sebagai jembatan yang menjadi perlintasan terakhir di atas sungai Thames, sebelum laut lepas.Ide pembutan London
Pada abad ke-18 dan ke-19, banyak jembatan menghubungkan kedua sisi Sungai Thames, dan yang paling terkenal ialah Old London Bridge, atau Jembatan London Kuno. Namun, Pada tahun 1750, fondasi jembatan itu sudah goyah dan lalu lintas di atasnya sering macet. Di bawahnya, kapal-kapal dari seluruh dunia berebut untuk mendapat tempat di dermaga yang sudah penuh sesak. Pada masa itu, kapal-kapal yang berlabuh begitu banyak sehingga harus berjalan berkilo-kilometer di atas dek kapal-kapal yang berjejer.                                                              (London pada abad 17 – 18 M)
Oleh karena itu, pada tahun 1872, Parlemen Inggris membahas rancangan undang-undang tentang pembangunan sebuah jembatan di atas Sungai Thames. Meskipun gubernur Tower keberatan, Parlemen memutuskan untuk tetap melaksanakan gagasan ini.
Akhirnya pada tahun 1876 Kota London Corporation memutuskan masalah itu harus ditangani dan membuat keputusan untuk membangun jembatan baru di sebelah timur London Bridge Yang Dirancang Tower Bridge? Sebuah tantangan besar yang dihadapi Kota London Korporasi - bagaimana membangun sebuah jembatan hilir dari London Bridge tanpa mengganggu aktivitas lalu lintas sungai. Sebuah komite khusus yang dibentuk pada tahun 1876 membuka desain untuk penyeberangan baru untuk kompetisi publik.
https://heruvee.files.wordpress.com/2010/12/a1.png?w=604Lebih dari 50 desain yang diajukan untuk dipertimbangkan, beberapa di antaranya dipajang di Bridge Exhibition Tower. Tidak sampai Oktober 1884 bagaimanapun, bahwa Horace Jones, Arsitek City, menawarkan desain yang dipilih untuk Tower Bridge sebagai solusi. Atas permintaan Corporation of London,            (Desain tower bridge oleh Horace jones)
Horace Jones mengusulkan pembangunan sebuah jembatan angkat bergaya Gotik ke arah hilir Jembatan London. Dengan demikian, kapal-kapal yang berlayar ke arah hulu Sungai Thames dapat lewat dengan leluasa menuju dermaga.
      Dengan pembangunan sampai delapan tahun dan melibatkan 432 pekerja konstruksi, dua menara berdiri dengan 70 ton beton didalamnya menjulang tinggi di tengah Sungai Thames dan jembatan itu akhirnya dibuka pada tanggal 30 Juni 1894.


2.      Keunikan teknik
https://heruvee.files.wordpress.com/2010/12/z5.jpg?w=604Jones telah melanglang buana, dan jembatan angkat kecil di atas kanal-kanal di Negeri Belanda mengilhaminya untuk membuat sebuah jembatan jungkit (bascule) berbeban penyeimbang. Tower Bridge didesain dengan metode konstruksi yang saat itu sedang populer, menggunakan rangka baja berlapis batu.                                                                                                                 ( jembatan jungkit/bascule )
Pembangunan Tower Bridge dimulai tahun 1886 dengan lima kontraktor besar seperti Sir John Jackson, Baron Armstrong, William Webster, Sir H.H. Bartlett, dan Sir William Arrol Co. Dengan pembangunan sampai delapan tahun dan melibatkan 432 pekerja konstruksi, dua menara berdiri dengan 70 ton beton didalamnya menjulang tinggi di tengah Sungai Thames dan jembatan itu akhirnya dibuka pada tanggal 30 Juni 1894
      Bascule membuat kapal-kapal bertiang tinggi bisa tetap lewat. Ketika Bascule dinaikkan, pejalan kaki tetap dapat melintsai Sunga Thames. Tower Bridge mempunyai dua menara utama dengan dua jembatan penghubung untuk pejalan kaki,. Tower Bridge mempunyai dua bilah, atau daun, yang bertemu di tengah dan dapat terangkat. Setiap bilah raksasa ini beratnya kira-kira 1.200 ton dan akan terbuka serta terangkat ke atas membentuk sudut 86 derajat. Kapal-kapal yang berbobot maksimum 10.000 ton dapat lewat di bawahnya dengan aman.                                            (Bascule terbuka)
https://heruvee.files.wordpress.com/2010/12/q1.jpg?w=604      Pengunjung bisa menggunakan jembatan khusus pejalan kaki (walkway) setinggi 43 meter. Untuk naik ke tempat berjalan digunakan 2 tangga dengan 206 anak tangga di masing-masing menara. Selain itu juga terdapat lift-hidrolik yang sanggup mengangkat 625 orang perjam.dahulu tempat ini sering dijadikan                      (walkway)                               tempat peristirahatan pedagang yang berlabu
           Saat Tower Bridge masih dalam tahap pembangunan, Horace Jones sang arsitek meninggal dunia. John Wolfe Barry kemudian meneruskan dan mengambil alih tanggung jawab Horace Jones. Dalam desain Horace Jones, ada lengkungan di atas jembatan. Lengkungan itu membuat bascule tidak dapat dibuka habis dan membuat ruang tempat kapal lewat menjadi sempit. John Wolfe Barry kemudian memperbaiki rancangan tersebut sehingga bascule bisa dibuka habis seperti sekarang.
Tenaga Penggerak Jembatan
Tenaga hidraulis digunakan untuk mengangkat kedua bilah jembatan, menjalankan lift pejalan kaki menuju kedua jembatan penghubung, dan bahkan mengoperasikan sistem sinyal. jembatan itu digerakkan oleh tenaga air! Dan, daya yang tersedia berlimpah—dua kali lipat kebutuhannya.
800px-Tower.bridge.99.machinery.london.arp.jpgDi bawah ujung selatan jembatan ada empat buah ketel uap berbahan bakar batu bara yang menghasilkan uap bertekanan antara 5 sampai 6 kilogram per sentimeter persegi. Tenaga uap itu menggerakkan dua pompa besar yang menyemburkan air dengan tekanan 60 kilogram per sentimeter persegi. Air bertekanan itu, yang disimpan dalam enam buah akumulator besar,  menghasilkan energi untuk menggerakkan delapan mesin yang menaikturunkan kedua bilah jembatan. Setelah daya dihidupkan, bilah-bilah yang berbeban penyeimbang itu akan terbuka ke atas pada porosnya yang berdiameter 50 sentimeter                                                         (ketel uap)
Sekarang, tenaga uap sudah digantikan oleh listrik. Tetapi, seperti pada masa lampau, apabila Tower Bridge membuka, lalu lintas berhenti total. Sewaktu sinyal berbunyi, palang-palang diturunkan, dan para pengawas jembatan memberi tanda bahwa jembatan sudah kosong. Kemudian, keempat gerendel penyambung bilah terbuka dan kedua bilah jembatan terangkat ke atas.dan kapal pun dapat menyebrang. Beberapa menit kemudian, sinyal berbunyi lagi. Bilah-bilah jembatan turun, dan palang-palang jalan naik
3.      Keunikan bahan
Jembatan bergaya arsitektur abad pertengahan ini memakai kerangka baja yang kuat dan dilapisi beton dengan pernak-pernik dekorasi yang indah.Dalam pembuatannya dibutuhkan sekitar 70000 ton beton, dan 11000 ton baja. Menara Megah
Menaranya terbuat dari kerangka baja anti karat yang dilapisi granit abu-abu dan batu Portland (semacam batu kapur) yang diperkuat batu bata.sedngkan atap menara, meski tampak megah, atap jembatan khusus pejalan kaki hanya terbuat dari kayu yang dilapisi seng.

4.      Pertanyaan
Sesi pertama
1)      Apa yang di maksud dengan seni gotik!
Ø  Seni gotik adalah penyederhanaan seni bangunan lama yang umumnya memakai struktur yang tebal yang kemudian disederhanakan menjadi bentuk yang lebih ramping. Namun, memiliki struktur yang kuat. Pemasangan jendela besi ataupun rangka besi membuat seni gotik cenderung mengarah penggunaan warna hitam gelap yang menonjol
2)      Bagaiman mekanisme pengangkatan jembatan?


Ø  Mekanisme pengangkatan bascule masih dilakukan secara manual,Ketika ada kapal yang ingin menyeberang, nahkoda akan mengirimkan sinyal kepada pengendali bascule . lalu, pengendali bascule pun menaikkan jembatan bascule. Hanya diperlukan 2 menit untuk menaikkan bascule..
3)   Jelaskan Asal usul penamaan London tower bridge!
Ø  Penamaan London tower bridge berasal dari nama menara yang berada di dekatnya yaitu London tower. Tetapi , ada yang mengatakan bahwa penamaan London tower bridge berasal dari nama daerah dibangunnya jembatan tersebut yaitu kota London dan daerah tower.
Sesi kedua
1)   Berapa waktu yang dibutuhkan untuk perancangan dan pembuatan London tower bridge?
Ø  Waku yang diperlukan untuk merancang London tower bridge adalah 6 tahun dan pembuatannya memakan waktu 8 tahun jadi waktu keseluruhan nya adalah14 tahun.
2)   Apa yang terjadi pada penaikan bascule jika listik mati?
Ø  Sistem pengangkatan bascule menggunakan tenaga air yang berasal dari sungai thames yang kemudian di ubah menjadi listrik . jadi, listrik untuk penaikan bascule tidak akan mati. Jikapun ada kerusakan mesin, kapal yang hendak melintas dapat menunggu hingga listrik menyala kembali.
3)   Mengapa jembatan ini masih bisa bertahan hingga sekarang?
Ø  London tower bridge dibuat dengan struktur desain yang kuat disertai dengan bahan yang berkualitas. Selain itu, pengelolah London tower bridge memberlakukan batas maksimum kecepatan 32km/jam dan beban 18 ton bagi kendaraan yang hendak melintasi London tower bridge.






















BAB III
(Penutup)

Kesimpulan
     London tower bridge) adalah jembatan yang membentang di atas Sungai thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Letaknya yang berdekatan dengan London tower membuat jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Dengan adanya bascule, jembatan ini memungkinkan kapal besar lewat melintasinya. Untuk membuat jembatan bergaya gotik ini diperlukan waktu 8 tahun dan waktu perancangan selam 6 tahun oleh Horace jones. Jembatan ini tetap kokoh Karena struktur jembatan dan perawatan yang dilakukan oleh pengelolah jembatan yang baik.
Saran
     Dalam memilih bangunan yang hendak di presentasikan. Haruslah lebih memerhatikan keunikan dari bangunan. Dan materi presentasi harus dikuasai dengan baik sebelum menpresentasikannya di hadapan banyak orang, untuk itu dibutuhkan kerja sama kelompok agar presentasi dapat bejalan dengan lancar.












Daftar pustaka

Komentar

  1. How to make money on sports betting - The Work
    This guide will teach you how to make money on sports 카지노 betting. How to make money 바카라사이트 using our งานออนไลน์ free money guide. All you need to know about

    BalasHapus

Posting Komentar